Arashi cetak rekor album terlaris, lampaui Taylor Swift dan BTS

Arashi cetak rekor album terlaris, lampaui Taylor Swift dan BTS
Jakarta (ANTARA) – Grup idola Arashi dari Jepang mencetak rekor album terlaris di dunia tahun 2019, seperti dikutip dari laman Guinness World Records, Minggu.

Album “5×20 All the BEST!! 1999-2019” yang berisi kumpulan lagu Arashi selama dua dekade berkarier terjual sebanyak 3,3 juta kopi tahun lalu, berdasarkan data dari International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Album itu terdiri dari set empat CD berisi 64 lagu, dan dirilis pada 26 Juni 2019. Album itu langsung meroket ke posisi pertama tangga album Oricon pada 8 Juli 2019 pada pekan pertama penjualan yang mencapai angka lebih dari 1,3 juta.

Baca juga: Arashi, Hey! Say! JUMP! hibur penggemar di rumah lewat konser daring

Album yang dinyanyikan grup beranggotakan Satoshi Ohno, Sho Sakurai, Masaki Aiba, Kazunari Ninomiya dan Jun Matsumoto itu lebih laris dibandingkan album “Lover” Taylor Swift (3,2 juta), album “Map of the Soul: Persona” dari BTS (2,5 juta), soundtrack “A Star Is Born” dari Lady Gaga & Bradley Cooper dan “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?” dari Billie Eilish (1,2 juta) sehingga dinobatkan jadi album terlaris 2019 oleh IFPI.

Awalnya, album kompilasi itu hanya bertengger sepekan di posisi puncak, namun kembali naik pada 29 Juli dan 5 Agustus, lalu kembali jadi nomor satu pada 2 September 2019.

Baca juga: Album Arashi terlaris di dunia 2019, unggul dari Taylor Swift dan BTS

Arashi berdiri pada 1999 dan telah meluncurkan 16 album studio. Ketika menginjak usia perayaan ke-20, mereka mengumumkan akan hiatus pada akhir 2020.

Baca:  Film biopik Whitney Houston tayang 2022

Untuk pertama kalinya, mereka mulai merambah ke media sosial untuk menjangkau lebih banyak penggemar di luar Jepang. Pada November 2019, Arashi sempat berkunjung ke beberapa tempat di Asia Tenggara selama dua hari untuk menyapa penggemar dan mengumumkan aktifnya mereka di media sosial. Jakarta menjadi perhentian pertama sebelum Arashi berkunjung ke Singapura, Bangkok dan Taipei.

Selain rutin mengunggah konten di YouTube, Instagram, Twitter hingga TikTok, Arashi juga punya serial dokumenter “Arashi’s Diary -Voyage-” yang memperlihatkan suasana di balik layar aktivitas tahun terakhir mereka sebelum hiatus. Episode pertama tayang pada 31 Desember 2019 dan episode terbaru muncul setiap bulan.

Baca juga: Satoshi Ohno “Arashi” gelar pameran solo di Tokyo

Baca juga: Arashi akan rilis lagu baru ciptaan Kenshi Yonezu

Baca juga: Arashi tayangkan konser terbarunya di YouTube

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020