Cerita penyanyi cilik Arfa Marqia mulai mencintai batik

Cerita penyanyi cilik Arfa Marqia mulai mencintai batik

Jakarta (ANTARA) – Penyanyi muda, Arfa Marqia, dikenal lewat bujangan "My Guardian Angel" dan "Lagu Untuk Ibu" ciptaan Lendra Restu Librata, suka dan bangga mengenakan batik.

Arfa, dalam siaran persnya, Senin, menyatakan kecintaannya pada batik meningkat sejak ia masih duduk di bangku sekolah dasar, setelah diajak gurunya membuat batik tradisional, ternyata hal itu tidak mudah.

Ia mengatakan canting untuk melukis batik sangat panas dan bila dipukul oleh tangan menyebabkan nyeri. Namun, pengalaman unik ini memberikan efek luar biasa pada Arfa, membuatnya lebih memahami dan mencintai batik.

“Triknya bikin susah banget, canting juga panas dan kalau dipukul tangan sakit sekali rasanya seperti terkena lem panas. Sejak itu saya sangat suka membatik karena proses pembuatannya membutuhkan keahlian khusus dan sejak itu membatik adalah busana favoritku,"dia berkata.

Arfa mengaku pada dasarnya memang menyukai segala jenis batik, namun yang selalu menjadi andalannya adalah motif kawung dan parang serta batik dari Indonesia timur.

“Pada dasarnya saya suka semua jenis batik, terutama motif unik dan etnik, seperti motif kawung dan parang serta motif Indonesia timur. Apalagi batik juga banyak dicari oleh orang asing untuk dijadikan oleh-oleh untuk negaranya. Begitu bangga dengan batik. Indonesia, "kata Arfa.

Arfa menilai busana tersebut cocok untuk segala jenis suasana, baik formal maupun informal.

“Saya suka pakai batik karena corak etniknya dan nyaman dipakai. Apalagi batik sangat cocok dipakai di segala suasana dan segala usia,” kata Arfa.

“Untuk itu, anak milenial patut berbangga hati untuk membatik, apalagi batik sudah menjadi warisan dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009, sehingga kita menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik,” kata Arfa.

Baca:  Dokumenter wawancara terakhir John Lennon rilis akhir tahun ini

Arfa memulai karirnya sebagai penyanyi bersama untuk mengakomodasi lagu saat ini hits di channel YouTube "Arfa Marqia", kemudian ia merilis single berjudul "Malangel Pelindanku" ciptaan Umaru Takaeda, mantan vokalis Drive yang mendapat pujian dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

Baca juga: Lagu Baru Arfa Marqia Bercerita tentang Ibu

Baca juga: JK Puji Single Pertama Arfa Marqia

Reporter: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020