Hoaks, boneka Annabelle kabur dari Museum Warren Occult

Hoaks, boneka Annabelle kabur dari Museum Warren Occult

Jakarta (ANTARA / JACX) – Kabar boneka Annabelle kabur dari Museum Okultisme The Warrens di Connecticut, AS, menghebohkan netizen di seluruh dunia pada Sabtu (15/8).

Mengacu pada tangkapan layar pencarian Google yang menampilkan informasi dari sumber Wikipedia berbahasa Inggris, boneka Annabelle dikabarkan melarikan diri pada pukul 03.00 waktu setempat, Jumat (14/8).

Kabar ini menambah pesimisme netizen internasional untuk tahun 2020 menyusul sederet peristiwa bencana yang menimpa berbagai belahan dunia, khususnya wabah COVID-19.

Bahkan, kata "Annabelle" juga mewarnai pencarian populer di media sosial Indonesia Twitter dan pencarian di Google Indonesia.

Sebuah akun di Twitter Indonesia juga mengunggah berita tentang boneka Annabelle yang lolos, beserta tangkapan layar hasil pencarian di Google. Postingan pada Sabtu pagi itu mendapat 146 balasan, lebih dari 1.400 isi ulang, dan disukai 1.500 pengguna lainnya.

Namun, benarkah wayang mistik dalam cerita rakyat Paman Sam itu benar-benar kabur dari museum tempat Annabelle disimpan?

Tangkapan layar dari postingan Twitter yang melaporkan boneka Annabelle kabur dari The Warrens & # 39; Occult Museum, Connecticut, AS, pada 14 Agustus 2020, waktu setempat. (Indonesia)

Penjelasan:

Situs pengecekan fakta Snopes melaporkan bahwa berita tentang boneka pelarian Annabelle adalah informasi yang salah atau menipu.

Rumor tentang boneka Annabelle yang kabur muncul setelah The Hollywood Reporter menerbitkan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis, yang berperan sebagai Mia dalam film "Annabelle".

Namun dalam wawancara tersebut, Wallis membahas film terbarunya, "The Silencing". Wallis pun sempat mengucapkan kata "escape" dalam wawancaranya.

Publikasi wawancara tersebut kemudian didistribusikan di situs media sosial Tiongkok. Hanya saja, kabar pelarian Wallis disalahartikan sebagai boneka pelarian Annabelle.

Saat BETWEEN menjelajahi halaman Wikipedia bahasa Inggris yang mendeskripsikan boneka Annabelle, tampaknya halaman tersebut diperbarui pada 15 Agustus 2020, pukul 12.03 UTC atau 19.03 WIB. Oleh karena itu, hasil edit yang meminta boneka supernatural untuk melarikan diri dari The Warrens Magical Museum tidak lagi terlihat.

Baca:  Miley Cyrus bocorkan kolaborasi dengan Dua Lipa dan Billy Idol

Klaim: Boneka Annabelle melarikan diri dari Museum Ilmu Gaib Warren
Peringkat: Salah / Menipu

Baca juga: Insiden Aneh di Balik Film "Annabelle Comes Home"

Baca juga: "Annabelle Pulang", Malam Kekerasan Boneka

Reporter: Tim JACX
Editor: Anton Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2020