Ikke Nurjanah didapuk popolerkan lagu “Gizi Seimbang”

Ikke Nurjanah didapuk popolerkan lagu "Gizi Seimbang"

Jakarta (ANTARA) – Penyanyi dangdut Ikke Nurjanah ditunjuk oleh Persatuan Ahli Gizi dan Pangan Indonesia (Pangan Gizi) untuk mempopulerkan lagu "Gizi Seimbang" dalam upaya mempromosikan penggunaan makanan bergizi seimbang di masyarakat.

Ketua Lembaga Gizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Hardinsyah mengatakan hingga saat ini fakta menunjukkan bahwa penerapan pola makan seimbang di masyarakat belum optimal, masih terdapat berbagai permasalahan gizi buruk dan gizi buruk, termasuk anemia, stunting dan obesitas, sebagaimana tertuang dalam Riskesdas 2018.

“Juga masalah yang berkaitan dengan kebiasaan makan, kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta penyakit yang berhubungan dengan defisiensi dan ketidakseimbangan
gizi dan kurangnya aktivitas fisik, ”ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Untuk itu mempromosikan penggunaan pola makan seimbang melalui berbagai media seperti poster, iklan, video, permainan dan lagu untuk diterima di masyarakat.

Lagu Nutrisi Seimbang Hidup meluncurkan pada tanggal 30 September 2020 diawali dengan Lomba Kreasi Media Gizi Seimbang yang diselenggarakan oleh Persatuan Ahli Gizi dan Ahli Pangan Indonesia (Pangan Gizi) pada tahun 2015.

Diakui Hardinsyah, dalam perkembangannya berbagai lagu pemenang lomba sering diputar di berbagai seminar dan kegiatan edukasi gizi, namun lagu-lagu tersebut masih belum populer di masyarakat.

“Karena itu, kami berniat mempopulerkannya. Mengingat genre dangdut cenderung diterima secara luas di antara berbagai masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, pada tahun 2020 ini, pihaknya berinisiatif bekerjasama dengan penyanyi dangdut nasional, Ikke Nurjanah, untuk menata ulang, menyempurnakan lirik termasuk memperkenalkan istilah isi piring saya, dan menyanyikan kembali lagu "Gizi Seimbang" sebagai media pendidikan dan kehidupan gizi seimbang. yang sehat bagi masyarakat Indonesia.

Proses aransemen lagu "Gizi Balimbang" dilakukan oleh Eron Momon as pengatur musik, rekaman musik oleh tim musik, serta rekaman vokal oleh Ikke Nurjanah selesai pada Maret 2020.

Baca:  "Can Can't You See Me?" TXT jadi lagu musim panas terbaik Radio Disney

Selain pembaruan musik, lirik lagu "Gizi Seimbang" juga mengalami sedikit perubahan dari lirik aslinya agar lebih mencerminkan arti "Gizi Seimbang" dan "Isi Platingku" secara keseluruhan.

Selanjutnya sudah disiapkan video klip lagu Nizi Seimbang. Dalam upaya mempopulerkan lagu ini dan kebiasaan beraktivitas fisik sebagai salah satu pilar diet seimbang, direncanakan empat video edukasi tentang gizi seimbang.

Baca juga: Pemenang AMI Award 2019, dari Tulus hingga Siti Badriah

Baca juga: Ikke Nurjanah Ceramah Tentang Dangdut di Amerika

Baca juga: Ikke Nurjanah Khawatir Tampil di Konser "Music for the Republic"

Reporter: Subagyo
Editor: Ida Nurcahyani
HAK CIPTA © ANTARA 2020