Industri film Indonesia perlu regenerasi penulis skenario

Industri film Indonesia perlu regenerasi penulis skenario

Jakarta (ANTARA) – Sutradara Anggy Umbara mengatakan bahwa industri perfilman Indonesia membutuhkan pengganti atau kaderisasi profesi penulis naskah guna memenuhi kebutuhan industri layar lebar.

Menurut Anggy, peran skenario dalam sebuah produksi sangat penting dalam menghasilkan film yang berkualitas. Namun sayang, menurut sutradara dan penulis "Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1" dan "Si Manis Jembatan Ancol 2019", saat ini penulis skenario di Indonesia belum banyak.

Hal ini, lanjutnya, akan menjadi kendala bagi Indonesia ke depan, karena penulis skenario tidak hanya menentukan kualitas film, tetapi juga menjadi sosok penting dalam industri yang menyatukan ide cerita dengan visi sutradara dan produser.

"Kami kekurangan penulis untuk memenuhi kebutuhan pemandangan layar besar ini. Tidak banyak penulis yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dalam arti menghasilkan sebuah karyamenyampaikan visi direksi dan penerbit, "kata Anggy Umbara dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Terbatasnya jumlah penulis naskah, kata Anggy Umbara, disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah tidak adanya kesempatan yang diberikan kepada penulis baru dan masalah kualitas.

“Penulis dari televisi memang banyak, tapi kalau kita mau masuk ke layar lebar, entah kenapa ada syarat kelayakannya. Secara umum ada kualitas dan kuantitas yang dipertanyakan atau mungkin peluang yang belum diberikan,” kata Anggy.

Untuk itu, acara pencarian seperti "Falcon Script Hunt" menjadi salah satu tempat positif untuk mencari bakat baru bagi penulis naskah yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sekarang kami kekurangan pilihan sebagai opsi menulis. Kami butuh bakat baru, potensi dan peluang dari penulis naskah,” ujarnya.

"Sekarang ini film layar lebar, sutradaranya hampir benar-benar ikut ambil bagian dalam film ini," kata Anggy Umbara.

Baca:  Titi Rajo Bintang lahirkan bayi laki-laki

Baca juga: "Falcon Script Hunt" Bakat Baru Penulis Naskah Film

Baca juga: Tantangan terbesar Ika Natassa adalah menjadi penulis skenario

Baca juga: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – Mitra Netflix, penulis skenario dikirim ke Hollywood

Reporter: Yogi Rachman
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020