Kemerdekaan yang masih harus diperjuangkan versi Atiqah Hasiholan

Kemerdekaan yang masih harus diperjuangkan versi Atiqah Hasiholan

Kebebasan adalah ketika setiap orang hidup sejahtera dan memperoleh segala sesuatu sesuai dengan haknya, seperti hak atas pendidikan dan kesehatan

Jakarta (ANTARA) – Meski Indonesia telah merdeka selama 75 tahun terakhir, masih banyak kemerdekaan yang harus diperjuangkan hingga saat ini, kata aktris Atiqah Hasiholan.

“Kemandirian adalah saat setiap orang hidup sejahtera dan mendapatkan segalanya sesuai dengan haknya, seperti hak atas pendidikan dan kesehatan,” kata Atiqah kepada ANTARA melalui voicemail.

Faktanya, tidak semua orang menyadari hal ini. Masih banyak ketimpangan yang terjadi di tanah air, termasuk di kota-kota besar.

Tingkat kesejahteraan masyarakat di Indonesia tidak merata, meskipun ada yang memadai, namun banyak yang masih hidup dalam keterbatasan.

Baca juga: Ratna Sarumpaet Gratis, Atiqah Bahagia

Meski terbebas dari penjajahan asing, putri Ratna Sarumpaet meyakini bahwa Indonesia masih jauh dari makna kemerdekaan yang ia yakini dan pahami. Seiring bertambahnya usia, istri aktor Rio Dewanto ini menginginkan kesejahteraan yang masih berantakan bisa dinikmati bersama secara merata.

Tak melulu soal kesejahteraan sosial, ia tetap melihat persoalan hukum yang di mata publik tampak janggal.

Aktor berusia 38 tahun itu berharap Indonesia bisa menjadi lebih kuat dalam menghadapi epidemi dan berbenah diri saat menghadapi situasi serupa.

“Mudah-mudahan kedepannya selain dari segi kesehatan akan membaik hingga kita lebih kuat lagi jika dilanda wabah seperti ini lagi, semoga tidak ada lagi.”

Berbicara tentang hajatan 17 Agustus, Atiqah mengenang lomba tahun 17-an sebagai salah satu momen paling seru yang harus dilalui saat ia masih muda.

Ia aktif mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan di daerah asalnya, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan pensil botol.

Baca:  Mocca sebarkan pesan positif di lagu "Everything is Gonna Be Fine"

"Tanggal 17 Agustus adalah festival seru kedua setelah Idul Fitri," kata pemeran "Pariban: Idol dari Tanah Jawa" dan "Bekas Manten" itu.

Baca juga: Masakan Ibu Tradisi Hari Raya Keluarga Atiqah Hasiholan

Baca juga: Atiqah Hasiholan & Rio Dewanto membuat aturan khusus saat wabah

Baca juga: Atiqah Hasiholan di Balik Layar Film "Rajah"

Reporter: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2020