Menyaksikan kisah Rara Jonggrang versi “jaman now”

Menyaksikan kisah Rara Jonggrang versi "jaman now"

Jakarta (ANTARA) – Cerita rakyat Rara Jonggrang yang diadaptasi menjadi musik kontemporer berjudul "Rara J", berkisah tentang seorang pria yang menjadi budak cinta atau bucin pada seorang wanita.

Cerita rakyat dari Jawa Tengah ini sudah tidak asing lagi di masyarakat Indonesia, dimana cerita asli tentang Rara Jonggrang yang meminta untuk membangun 1.000 candi di Bandung Bandawasa sebagai syarat untuk melamarnya.

Ceritanya masih relevan untuk generasi sekarang atau yang biasa disebut “masa sekarang”. Di musikal "Rara J", satu vlogger kecantikan bernama Rara J memberikan tantangan kepada seorang pria bernama Bandung yang jatuh cinta padanya.

Rara tidak minta dikasih seribu candi, syaratnya yang relevan dengan anak muda saat ini adalah membuat konten yang disaksikan banyak penonton atau pemirsa.

Baca juga: Workshop Gelar Garin Nugroho di Galeri Indonesia Kaya

Baca juga: Pecinta seni diajak lomba menari & latihan menulis prosa #dirumahaja

Chriskevin Adefrid selaku sutradara teater dan penulis naskah mengatakan kisah cinta antara Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa asli masih sangat relevan dengan anak muda saat ini, bahkan menurutnya sosok Bandung adalah seorang legenda. bucin masa lalu.

“Kami sebenarnya ingin mengambil cerita rakyat dan 'Rara J' sangat milenial. Cerita ini merupakan adaptasi dari cerita rakyat Rara Jonggrang dan kami ingin memberi tahu Anda jika bucin sudah ada sejak zaman legenda, Bandung Bandawasa adalah legenda. bucin Dahulu kala, "kata Chris dalam diskusi" Rara J "online, Kamis.

“Kalau kita teliti lebih dalam tentang sejarah Bandung Bandawasa ternyata ada lapisannya. Bandung Bandawasa itu ada dua versi, orang baik dan orang jahat. Nah, Bandung sekarang termasuk orang yang menguntit Rara atau apa, terserah penonton untuk memutuskan dari sudut pandang mana, "kata Venytha Yoshiantini, sutradara dan koreografer teater.

Baca:  Lama dinanti, Troye Sivan rilis EP "In a Dream"

Musikal "Rara J" merupakan penampilan BOOW LIVE X Indonesiakaya.com yang dapat disaksikan secara bebas mulai hari ini pukul 20.00 WIB di channel YouTube IndonesiaKaya.

"Rara J" dibintangi oleh Daniel Ongko sebagai Bandung, Neala Vangelin sebagai Rara J, Damien Errol Jonathans sebagai Influencer Latihan, Aldafi Adnan sebagai Influencer Mukbang, Zaya Fadhillah sebagai Influencer Kpop, Tina Simanjuntak sebagai Mama Rara.

Episode ini juga diproduseri oleh Bayu Pontiagust dan disutradarai oleh sutradara teater Chriskevin Adefrid dan Venytha Yoshiantini serta koreografer dan manajer panggung. Sutradara teater juga bekerja sama dengan sutradara film Naya Anindita, asisten sutradara Habibie Alkateer.

Naskah "Rara J" ditulis oleh Titien Wattimena bekerjasama dengan Chriskevin Adefrid, Venytha Yoshiantini dan Ivan Tangkulung dari TEMAN (Teater Musikal Nusantara) yang mengadaptasi cerita rakyat Rara Jonggrang dan mengaplikasikannya dalam kehidupan generasi muda saat ini.

Baca juga: Pertunjukan virtual #MusikalDiRumahAja menghadirkan enam cerita rakyat

Baca juga: Monolog Bahagia Salma dalam Musikal "Remember Garnasih" April 2020

Baca juga: Wulan Guritno Ramaikan Pentas Teater Musikal "Pusaran Cinta"

Reporter: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
HAK CIPTA © ANTARA 2020