Ras Muhamad rilis album internasional kedua di Jerman

Ras Muhamad rilis album internasional kedua di Jerman

London (ANTARA) – Ras Muhamad telah merilis album internasional "Satryo" yang dipimpin oleh Oneness Records di Munich, Jerman, dan juga menjadi album asing kedua setelah "Salam" (2014).

Manajer Ras Muhamad, Iyung mengatakan kepada Antara London, Jumat bahwa album tersebut akhirnya bisa dirilis hari ini setelah ditunda karena wabah COVID-19.

Ras berbicara tentang proyek percontohan "Satryo" yang membutuhkan waktu sekitar tiga setengah tahun untuk berfungsi, sejak pertengahan 2017, lebih lama dari album Ras sebelumnya yang membutuhkan waktu sekitar 6-8 bulan untuk menyelesaikannya.

Satryo tetap mengusung musik reggae sebagai root dari musik Ras, namun dikemas dengan nuansa segar. Ras tidak hanya mengisi vokal, tetapi juga melatih co-produser, penulis lagu, dan co-music director, dan melakukan berbagai eksplorasi dan eksperimen.

“Tema lagu di album ini lebih intim, personal dan personal sesuai kehidupan dan pengalaman karir saya,” kata Ras.

Baca juga: Segera Luncurkan "Satryo", Ras Muhammad Tuai Pujian

Baca juga: Daftar pertunjukan festival musik Flavs

Album ini seperti otobiografi dalam bentuk musik audio. Komposisi 15 lagu di album Satryo ini memiliki plot seperti film. Banyak genre dan warna melodi yang digabungkan dari Rock, HipHop, Funk, hingga R&B dan bahkan orkestra simfoni.

Ras Muhamad berkolaborasi dengan beberapa musisi internasional seperti JahCoustix (Jerman), Kelissa (Jamaika), Promoe (Swedia), Cali P (Guadalupe / Swiss), Tippa Irie (Jamaika / Inggris) dan teman dekatnya keturunan Indonesia, Tóke (Berlin / Bali) .

Tóke juga bertindak sebagai konsultan dan produser bersama.

Salah satu jurnalis Reggaeville Steve Topple dalam tulisannya memuji Ras Muhammad dan menyatakan bahwa "Satryo" merupakan salah satu karya musik tersukses tahun 2020.

“Ras Muhamad telah menciptakan karya yang sangat mempesona dalam proyek besar ini, layak disebut sebagai kelahiran kembali Ras Muhamad,” kata Steve Topple.

Baca:  Sore ini, GFRIEND gelar konser sekaligus tampilkan lagu unit grup

Karya terbarunya memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perkembangan dan sejarah Roots Reggae, kata Steve Topple.

Baca juga: Ras Muhamad mengguncang panggung festival di Budapest

Baca juga: Ras Muhamad tampil di panggung reggae Hongaria

Reporter: Zeynita Gibbons
Editor: Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2020